3 Pertanyaan Kunci Saat Wawancara Kerja yang Harus Dikuasai

Satu hal yang paling membuat jantung berdebar-debar saat melamar kerja adalah saat kita harus melewati proses wawancara, baik itu dengan bagian SDM maupun dengan bagian pengguna.

Mungkin kita sudah berkali-kali melamar kerja dan sudah hapal tes-tes psikologi yang diajukan. Tapi tiap kali kita melamar kerja, kita akan menghadapi orang yang berbeda dalam wawancara.

Meskipun mereka sering mengajukan beberapa pertanyaan  yang sama, tetap saja proses ini lebih tak terduga dibanding menghadapi selembar kertas. Padahal, seperti yang diungkapkan oleh George Bradt dari Forbes, sebenarnya kita cukup menguasai 3 pertanyaan berikut ini untuk ‘memenangkan’ wawancara kerja.

1. Bisakah anda melakukan pekerjaan ini?

Pertanyaan ini terkait dengan keahlian yang kita miliki. Tapi bukan hanya keahlian teknis saja yang penting, keahlian dalam berkomunikasi, memimpin, dan menjalin hubungan dengan orang lain juga sangat penting, apalagi jika jabatan atau posisi yang dibutuhkan cukup tinggi.

2. Akankah anda menyukai pekerjaan ini?

Motivasi adalah nilai yang ingin dilihat dari pertanyaan ini. Motivasi yang sifatnya material seperti gaji atau tunjangan saja tidak cukup. Kita juga harus bisa merasa nyaman dan menikmati lingkungan di mana kita bekerja, termasuk juga ketika harus menghadapi tantangan-tantangan yang mungkin timbul di dalam pekerjaan itu.

3. Bisakah anda bekerja dengan kami?

Sekilas mungkin pertanyaan ini mirip dengan pertanyaan pertama di atas. Tapi pertanyaan ini bukanlah tentang kemampuan anda, tapi kecocokan kepribadian anda dengan budaya organisasi yang ingin merekrut anda. Semampu atau senyaman apapun anda bekerja, akan tidak menyenangkan bagi anda maupun rekan sekerja atau atasan jika anda sulit diajak bekerja sama.

Menurut Bradt, tiga pertanyaan di atas bisa dipecah-pecah lagi ke dalam pertanyaan-pertanyaan kecil yang lebih spesifik atau ditanyakan dengan cara yang bervariasi; Tapi pada akhirnya, semuanya kembali ke tiga pertanyaan dasar tersebut.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s