Fakta atau Fiksi: I Hate Mondays dan Thank God It’s Friday

Bagaimana hari Senin anda sejauh ini? Menyenangkan? Mungkin rata-rata kita menjawab tidak, dilanjutkan dengan keluhan yang terdengar familiar, “I hate Monday!” Kalimat ini pertama kali saya dengar dari sebuah iklan TV waktu saya kecil dulu, jadi mestinya sentimen ini bukanlah hal yang baru.

Bagaimana kalau hari Jumat tiba? Mungkin justru kita berbunga-bunga karena besok akhir pekan, “Thank God it’s Friday!” alias TGIF. Padahal, sebenarnya beban kerja kita hari itu sama saja dengan hari-hari kerja sebelumnya.

Tapi benarkah kita benar-benar membenci hari Senin lebih dari hari-hari lainnya? Dan sebaliknya, Jumat adalah hari kerja favorit kita?

Sebuah studi yang dimuat di Journal of Positive Psychology, seperti yang dilaporkan oleh Washington Post, meneliti respon dari sebuah survei berskala nasional di Amerika Serikat yang melibatkan 340.000 orang untuk menjawab pertanyaan itu.

Salah satu pertanyaan dari survei itu berkaitan dengan mood secara umum yang dirasakan orang di hari sebelum mereka ditanyai. Tentu setiap orang memiliki bermacam ragam pengalaman yang mempengaruhi mood mereka secara berbeda. Tapi ketika yang ditanyai adalah tiga ratus ribuan orang, sebuah pola seperti yang tergambar di grafik di bawah ini kemudian muncul.

Case of the Mondays

Rata-Rata Mood Positif dan Negatif Setiap Harinya

Rupanya, kita ternyata tidak sebegitu bencinya dengan hari Senin. Memang ada peningkatan mood negatif dan penurunan mood positif di hari Senin jika dibandingkan dengan hari Minggu, tapi tak ada perbedaan mood di hari Senin jika kita membandingkannya dengan hari Selasa, Rabu, dan Kamis.

Sementara itu, efek TGIF rupanya memang benar-benar nyata, karena terlihat ada peningkatan mood positif dan penurunan mood negatif di hari Jumat jika dibandingkan dengan hari Kamis, meskipun perbedaannya tidak drastis.

Jadi jika anda merasa begitu membenci hari Senin, percayalah, tiga hari ke depan tidak akan lebih baik dari hari ini. 😛

Iklan

One thought on “Fakta atau Fiksi: I Hate Mondays dan Thank God It’s Friday

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s