Pentingnya Interaksi dengan Ayah dalam Membentuk Perilaku Bayi

Di masyarakat kita pada umumnya pengasuhan anak, apalagi bayi yang baru lahir, dipercayakan pada ibu. Mungkin belakangan ini sudah mulai muncul tren di mana ayah mulai ikut berpartisipasi dalam mengurusi bayi mereka, namun karena faktor pekerjaan atau kesibukan lainnya biasanya tetap saja pengasuhan bayi yang baru lahir didominasi oleh ibu.

Seberapa penting sih sebenarnya peran ayah dalam pengasuhan bayi?

Sangat penting, kalau menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Oxford University, Inggris. Seperti diberitakan oleh BBC News, kualitas interaksi ayah dengan bayinya yang baru berumur tiga bulan bisa berpengaruh terhadap kualitas perilaku bayinya setahun ke depan, dan mungkin juga dalam jangka yang lebih panjang lagi.

Dalam penelitian ini, interaksi 192 orangtua yang memiliki bayi berumur 3 bulan direkam di rumah mereka. Secara spesifik, sang ayah diminta untuk bermain dengan bayinya tanpa menggunakan mainan atau benda-benda lainnya. Kegiatan  bermain ini lalu direkam dan kemudian dinilai kualitasnya, misalnya seperti seberapa jauh atau dekat sang ayah dengan anaknya.

Setahun kemudian, para orangtua yang terlibat dalam penelitian ini diminta untuk menjabarkan perilaku anak mereka dengan mengisi sebuah kuesioner. Kuesioner tersebut menanyakan sejumlah perilaku anak, misalnya seperti seberapa sering mereka menangis, seberapa mudah mereka dibuat tidur atau diberi makan, atau bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain.

Hasilnya, ternyata interaksi ayah dengan bayi yang baik berkaitan secara positif dengan seberapa baik perilaku bayi tersebut pada 12 bulan sesudahnya. Sementara itu bayi yang memiliki sejumlah perilaku yang bermasalah juga terkait dengan bagaimana sang ayah terlihat menjaga jarak atau tidak begitu banyak berinteraksi ketika bermain dengan bayinya.

Kalau menurut anda, seberapa pentingkah peran ayah dalam membentuk karakter anda sehingga bisa seperti sekarang?

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s